Pramuka Aktualisasi SMK Negeri 5 Pekanbaru Gelar Perkemahan ‘Camping Ceria’

SMK Negeri 5 Pekanbaru di bawah pimpinan kepala sekolah yang sekaligus bertindak sebagai Kamabgus Gugus Depan 01.007.01.008, Dra. H. Dwi Gusneli, M.PSA., kembali menggelar kegiatan Perserakam (Perkemahan selasa, rabu dan kamis) di Taman Wisata Alam Mayang kota Pekanbaru. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 27 s/d 29 September 2016 di Play Ground Taman Wisata Alam Mayang.

Peserta perkemahan seluruhnya adalah peserta didik kelas XII SMK Negeri 5 Pekanbaru, dengan jumlah 450 peserta, 27 pembina dan dibantu oleh 20 peserta sangga kerja dari pramuka reguler berhasil menyukseskan kegiatan dengan baik. Seluruh peserta merasakan kebahagiaan tersendiri ketika mereka merasa bisa berbaur dengan alam dan berkumpul bersama teman-teman se kelas atau jurusan mereka sendiri. Di samping itu kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut juga menjadi wadah atau media pengujian kemampuan mental dan pengetahuan dalam rangka pengambilan nilai kepramukaan peserta didik kelas XII pada semester V dan VI Tahun Pelajaran 2016/2017. Salah satu peserta mengatakan bahwa kegiatan perkemahan itu sangat bermanfaat bagi mereka, di samping mampu melatih kemandirian, juga belajar menghargai pendapat dan perbedaan pola pikir teman-teman yang masing-masing mempunyai perbedaan latar belakang.

Kegiatan perkemahan, resmi dilaksanakan dengan berlangsungnya upacara pembukaan yang dibuka langsung oleh Kamabigus pangkalas SMK Negeri 5 Pekanbaru, Dra. Hj. Dwi Gusneli, M.PSA., yang sekaligus bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan bahwa kegiatan perkemahan tersebut merupakan implementasi kurikulum 2013 dari peraturan pemerintah tentang kewajiban peserta didik untuk selalu aktif dalam kegiatan kepramukaan aktualisasi. Di samping itu kegiatan yang berlangsung dengan khidmat tersebut juga menjadi ajang penggemblengan mental dan kedisiplinan para peserta didik kelas XII SMK Negeri 5 Pekanbaru untuk senantiasa siap menghadapi alang rintang di kemudian hari.

Panitia penyelenggara yang juga bekerja sama dengan seluruh wali kelas XII, merasa bersyukur atas kelancaran kegiatan perkemahan tersebut. Ketua Pelaksana, Kak Joko Suwono, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung selama tiga hari 2 malam tersebut telah berjalan dengan baik dan lancar, meskipun ada beberapa masalah kecil, yang semuanya Alhamdulillah dapat segera teratasi dengan sigap.(red. Jhoe).

Comments

comments