SMK Negeri 5 Pekanbaru Mengunjungi PT Indah Kiat pulp and Paper (IKPP) Perawang

Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Dra. Hj. Dwi Gusneli, MPSA bersama jajaran pimpinan PT Indah Kiat Pulp and PAper (IKPP) Perawang melakukan sesi foto bersama setalah mengunjungi proses pembuatan tisu.

SMK Negeri 5 Pekanbaru – Sebanyak 20 utusan SMK Negeri 5 Pekanbaru, yang terdiri dari beebrapa unsur jajaran, baik Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Wakil Kepala Sekolah, KPK, dan beberapa siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru melakukan kunjungan ke pabrik kertas PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang, Selasa, (24/10/2017). Kunjunagn yang digagas oleh pihak Humas SMK Negeri 5 Pekanbaru, Osfioza, S.Pd diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada pihak sekolah tentang kedisiplinan kerja maupun tata cara pengolahan kayu sampai menjadi kertas dan tisu. Saat berkunjung, pihak PT IKPP melalui humas PT Indah Kiat menyambut dengan baik rombongan dari SMK Negeri 5 Pekanbaru.

Rombongan SMK Negeri 5 Pekanbaru tiba di lokasi pabrik pukul 09.30, dan langsung disambut dengan keramahan pihak security PT IKPP. Sebelum melakukan kunjunagn ke dalam pabrik-pabrik industri pembuatan Pulp, Kertas dan Tisu, pihak Indah Kiat bersama SMK Negeri 5 Pekanbaru melakukan diskusi di dalam ruang pertemuan. Pihak PT Indah Kiat Pulp and Paper yang diwakili oleh pihak Humas IKPP, Armadi menyampaikan rasa terimakasih dan suatu kehormatan telah dikunjungi oleh pihak sekolah SMK Negeri 5 Pekanbaru. Beliau juga menjelaskan bahwa PT IKPP juga sangat terbuka untuk menerima kunjungan dari beberapa intansi pendidikan baik mahasiswa dari universitas ataupun dari sekolah sekolah.

“PT Indah Kiat Pulp adn Paper sangat senang sekali menerima kunjungan dari sekolah-sekolah atau kampus. Hal ini menunjukkan kepedulian masyarakat tentang tata cara pembuatan kertas serta menjadi edukasi bagi peserta didik, baik tingkat SD, SMP maupun SMK yang berkunjung di PT IKPP Perawang. Sedikit perlu saya jelaskan bahwa PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang untuk produksi pulp pada saat ini mencapai 2 juta ton lebih per tahun dan kertas 1 juta ton lebih per tahun. Untuk meningkatkan hasil produksi, bahan baku dari perusahaan sudah terjamin. PT Arara Abadi saja mempunyai 300 ribu hektar lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Riau, di tambah lagi perusahaan mitra kerja lainnya. Pada saat ini pabrik tidak lagi memakai kayu alam sebagai bahan baku. Sehingga perusahaan kertas IKPP ini justru ikut bertanggung jawab terhadap penjagaan hutan dan pelestarian alam, termasuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Sebagai perusahaan penghasil pulp dan kertas terbaik, produksi untuk kertas siap pakai juga semakin ditingkatkan. Sebut saja kertas fotokopi, dan kertas pembungkus lainnya. Saat ini, ada 13 unit mesin converting yang mampu menghasilkan 111 ribu ton kertas siap kemas perbulan. Sebanyak 13 unit mesin untuk cut size hidup selama 24 jam. Masing-masing unit ada 40 pekerja. Dalam 24 jam ada 3 sif, dengan pimpinan yang berbeda. Khusus untuk kertas fotokopi hasil produksinya sampai 2 ribu ton per hari. Sedangkan per bulan mencapai 63.000 ton per bulan. Kami menargetkan 100 ribu ton untuk kertas fotokopi per bulan ke depannya”, Terang Armadi, Humas PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang.

Setalah selasi berdiskusi mengenai kerjasama pihak industri dan sekolah selanjutnya pihak IKPP Perawang mengajak rombongan SMK Negeri 5 Pekanbaru untuk mengunjungi beberapa tempat pengolahan kayu dan pulp. Tempat yang pertama dikunjungi adalah pabrik pembuatan tisu yang terletak tidak jauh dari kantor IKPP. Tisu yang dihasilkan oleh PT IKPP hampir 80% di ekspor ke luar negeri, baik Arab Saudi, Amerika, Jepang dll.

Kunjungan selanjutnya, rombongan diajak untuk melihat proses pembuatan bubur kayu hingga menjadi pulp yang siap di ekspor ke luar negeri. Terlihat lembaran-lembaran Pulp/ bahan kertas setengah jadi sedang dikemas dalam jumlah yang sangat besar. Deru dan bising suara mesin seakan sedikitpun tidak mengganggu para pekerja yang pada saat itu tengah menjalankan aktivitas mereka.

Terakhir, rombongan SMK Negeri 5 Pekanbaru bersama pihak PT IKPP Perawang mengunjungi pabrik pembuatan kertas. Di dalam pabrik tersebut juga terlihat beberapa gulungan kertas yang sangat besar, yang kemudian akan dilakukan pemotongan sesuai dengan ukuran-ukuran yang telah ditentukan. Kertas-kertas tersebut akan dikirim ke beberapa pulau di Indonesia dan juga diekspor ke luar negeri, baik Jepang, Cina, Arab Saudi, maupun negara lainnya.

“Alhamdulillah, terimakasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada pihak PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang yang telah menyambut kami dengan sangat baik. Semoga kunjungan ini bukanlah yang pertama dan terakhir saja bagi kami, dan PT IKPP juga jangan bosan untuk dapat menerima kunjungan kami yang akan datang. Pertemuan kunjungan kami pada hari ini sangat berkesan dan meninggalkan ilmu yang begitu berharga, baik dalam sisi hardskill maupun softskill. Kami dapat belajar tentang kedisiplinan tinggi yang diterapkan oleh PT IKPP Perawang, dan kami juga dapat mengetahui tentang proses pembuatan Pulp dan Kertas yang selama ini kami belum mengetahuinya. Harapan kami selaku Pimpinan SMK Negeri 5 Pekanbaru, semoga para peserta didik kita dapat menimba ilmu di PT IKPP Perawang dengan dizinkan untuk magang atau kerja di PT IKPP”, Terang Dra, Dwi Gusneli, MPSA saat memberikan keterangan. Selasa, (24/10/2017).

Rombongan SMK Negeri 5 Pekanbaru mengakhiri kunjungan ke PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang pada pukul 16.00 dan melanjutkan perjalanan kembali ke sekolah. Red. Jhoe.

Comments

comments