Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) SMK Negeri 5 Pekanbaru Ikutkan 24 Majelis Guru dan Seluruh Peserta Didik

SMK Negeri 5 Pekanbaru.sch.id- SMK Negeri 5 Pekanbaru ikut sertakan majelis guru dan peserta didik dalam kegiatan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Kamis, 19/09/2024. Pelaksanaan ujian dilakukan di Lab Komputer SMK Negeri 5 Pekanbaru dengan melibatkan beberapa majelis guru. Seluruh peserta UKBI terlihat sangat antusia dalam mengikuti ujian. Pelaksanana ujian dilakukan dengan 4 tahap, yang pertama tahap mendengarkan, tahap membaca, tahap berbicara dan tahap menulis. Pada sesi membaca, peserta UKBI akan disuguhkan dengan beberapa pertanyaan yang menguji kecermatan peserta untuk menajawab setiap soal yang muncul. Apabila jawaban peserta mendominasi benarnya, maka soal akan ditambah kembali dengan jumlah yang sama setiap sesinya. Selaku koordinator pelaksanaan UKBI, Lisdawati, S.Pd, Ing, menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh peserta dan Balai Bahasa Provinsi Riau yang telah meluangkan waktu untuk membimbing Majelis Guru SMK Negeri 5 Pekanbaru untuk ikut dalam pelakasanaan ujian UKBI.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh peserta Bapak dan Ibu yang tergabung dalam pelaksanaan UKBI SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2024. Tak juga lupa saya ucapkan terimakasih kepada tim Balai Bahasa Provinsi Riau yang telah sudi membimbing kami hingga kami dapat mengikuti kegiatan UKBI dengan lancar. Saya berharap dengan adanya kegiatan UKBI ini Bapak Ibu guru dan seluruh warga SMK Negeri 5 Pekanbaru dapat menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan”, Jelas Waka Kurikulum SMK Negeri 5 Pekanbaru, Lisdawati, S.Pd, Ing. Saat memberikan sambutannya.

UKBI tidak hanya diberikan kepada majelis guru saja, SMK Negeri 5 Pekabaru juga memberikan kesempatan kepada aseluruh peserta didik yang akan mengikuti ujian UKBI secara gratis.

Dalam pelaksanaan UKBI, salah satu peserta ujian, Abdul Rosyid menyatakan bahwa pelaksanaan ujian memang memerlukan konsentrasi dan kejelian dalam memahami soal yang diberikan.

“Saya Guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 5 Pekanbaru melihat soal soal yang disuguhkan dalam UKBI sangat menarik dan menantang. Saya sangat gugup pada saat soal bebricara muncul. Kami diberikan sebuah ilustrasi gambar dan kami dituntut untuk dapat menajbarkan ilustrasi gambar tersebut dengan wacana minimal 150 kata. Kami melakukannya dengan senang, dan semoga kami mendapatkan nilai terbaik”, Jelas Abdul Rosyid saat memberikan sambutan kepada tim media.

Sertifikat pelaksanaan UKBI akan diterbitikan paling cepat adalah 14 hari kerja dengan nilai yang berbeda setiag peserta tentunya. Red. Jhoe.

Comments

comments